Sabtu, 21 November 2015

PROFESI KEPENDIDIKAN



NAMA            :            JUARIKA
NPM               :           14187205018
PRODI/SMT  :           PKN/3A
HARI/TGL     :           SELASA/20-10-2015
MATKUL       :           PROFESI GURU/TUGAS KE-1

PROFESI KEPENDIDIKAN

1. Krisis pendidikan yang melanda bangsa saat ini tidak lepas dari peran pendidikan di masa lalu karena kesalahan pemerintah masa lalu, dimana pembangunan hanya ditekankan pada peembangunan bersifat fisik dan agak mengabaikan SDM, telah memberikan konsekuensinya. Indonesia lebih sulit untuk keluar dari krisis dibandingkan Negara lain yang mengalaminya juga. Jadi intinya pendidikan di masa lalu di anggap tidak terlalu penting / Pendidikan di masa lalu terabaikan. Sehingga dampaknya berimbas sekarang dengan menurunya kualitas SDM di Indonesia.

2. Otonomi pendidikan merupakan peluang untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia karena dengan di berlakukannya sistem Desentralisasi maka setidaknya ada 4 dampak positif dalam dunia pendidikan yaitu :
a. Meningkatkan Mutu
            Yaitu dengan dengan kewenangan yang dimiliki sekolah maka sekolah lebih leluasa mengelola dan memberdayakan potensi sumber daya yang dimiliki.
b.   Efesinsi Keuangan
            Hal ini dapat di capai dengan memanfaatkan sumber-sumber pajak local dan mengurangi biaya operasional.
c. Efiensi Administrasi
            Dengan memotong rantai birokrasi yang panjang dengan menghilangkan prosedur yang bertingkat-tingkat.
d. Perluasan dan Pemerataan
            Membuka peluang penyelenggaraan pendidikan pada daerah pelosok sehingga terjadi perluasan dan pemerataan pendidikan.

3. Faktor – faktor yang menentukan pendidikan di masa yang akan datang :
a. Orang Tua
            Orang Tua dikatakan sangat berpengaruh dalam menentukan pendidikan di masa depan karena mereka orang yang telah membesarkan kita sampai saat ini. Orang tua adalah sebagai sumber dana yang akan terus setia mensuplai tanpa ada kontrak kerja seperti penggantian di kemudian hari. Di samping orang tua sebagai sumber dana anak untuk melanjutkan pendidikan di tingkat selanjutnuya, orang tua juga sangat di butuhkan untuk mngarahkan pola pendidikan selanjutnya untuk anak.
b. Teman
            Teman bisa dikatakan sebagai penentu kedua  karena dengan adanya teman, anak akan lebih semangat untuk bersekolah atau bisa juga teman jadi motivasi untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Jadi anak haruslah pandai dalam hal memilih teman, bukan hanya sebagai motivasi teman bisa juga mengarahkan  ke hal yang buruk contoh seperti mengajak untuk membolos sekolah, mengajak tawuran, dan mengajak tidak  mengerjakan tugas guru, dll.
c. Lingkungan  
            Lingkungan yang baik akan menjadikan pendidikan baik dan pendidikan yang baik akan menjadikan lingkugan baik. Kondisi lingkungan yang baik akan memaksa kita menjadi lebih baik. Lingkungan bisa dijadikan sumber inspirasi, karena kondisi dan dinamika lingkungan sudah pasti memberikan jawaban walaupun dengan ilustrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar